Home » Kopi » Kafein Kopi
Filed: Kopi

Manfaat Kafein Kopi

Komponen utama di dalam biji kopi adalah kafein dan kaffeol. Kafein merupakan zat perangsang saraf yang sangat penting. Sementara itu, kaffeol adalah salah satu zat pembentuk cita rasa dan aroma. Kafein terdapat  di bagian biji, daun dan beberapa bagian lain kopi. Kandungan  kafein setiap jenis kopi berbeda-beda. Kadar kafein kopi rata-rata jenis arabika sekitar 1.2%, sedangkan untuk jenis robusta 2.2%.

Walaupun rasanya pahit, kafein sebenarnya hanya menyumbang cita rasa bitterness kurang dari 10%. Kafein tidak memiliki pengaruh langsung terhadap cita rasa. Namun untuk beberapa jenis kopi kafein berhubungan dengan komponen lainnya, seperti lemak dan asam klorogenat yang dapat mempengaruhi bitterness dan kekentalan seduhan kopi.

Tinggi rendahnya kadar kafein umumnya digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan racikan pencampuran untuk resep campuran bubuk kopi. Beberapa tubuh manusia ada yang sangat peka terhadap kafein. Jika kita menghendaki kopi dengan kadar kafein yang sangat rendah atau hampir tidak ada, gunakan jenis coffee decaff atau decaffeinated. Jenis ini merupakan kopi yang telah mengalami berbagai perlakuan sehingga kadar kafeinnya sedikit sekali atau hampir tidak ada sekali.

Kafein adalah senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, tak hanya berguna sebagai stimulan agar kita tetap prima, kafein juga bermanfaat bagi intelegensi, emosi positf, kerja fisik, penurun berat badan dan dalam banyak kasus, pencegahan penyakit.

Ada juga mitos yang paling berpengaruh tentang kafein yaitu:

  • Kafein buruk bagi jantung.
  • Kafein dosis sedang dapat menimbulkan kecemasan dan perasaan negatif.
  • Kafein sebagai penyebab dehidrasi.

Untuk mendapatkan manfaat kafein, setiap orang memiliki tingkat konsumsi optimum yang berbeda. Jumlah kafein yang terlalu banyak atau terlalu sedikit  dapat mengurangi manfaatnya selain itu penting juga untuk memperhatikan panduan konsumsi kafein secara rasional.

Jika kita memperhatikan peringatan dan batas konsumsi kafein, kita akan merasakan manfaat kafein dan terhindar dari akibat negatifnya.

Manfaat kafein sangat banyak salah satu diantaranya:

  • Meningkatkan kualitas tidur sebagaimana kafein mengatasi segala keletihan.
  • Menghilangkan jet lag.
  • Meningkatkan inteligensi dan kapasitas daya ingat.
  • Meningkatkan kreativitas.
  • Memperbaiki emosi dan melepas kebosanan.
  • Meningkatkan keterbukaan diri dalam bersosialisasi.
  • Meningkatkan kinerja dan ketahananfisik.
  • Membantu mengatur pola makan.
  • Mencegah penuaan dan penyakit.

Mengkonsumsi kafein lebih tepat dikatakan sebagai seni darpada sains. Kafein lebih aman dan bermanfaat dibandingkan dengan substansi obat manapun dalam farmakope (buku daftar obat beserta zat aktifdan zat pembantunya). Untuk dapat memahami berbagai manfaat kafein, kita perlu menelaah studi ilmiah yang menjelaskan mengenai efek-efek positif kafein apabila kita konsumsi dengan tepat. Karena respon setiap individu terhadap kafein bervariasi. Untuk mendapatkan manfaat kafein kita perlu menguji efek kafein pada diri sendiri, merasakannya dan menilai hasilnya secara obyektif. Manfaat kafein sangat nyata tetapi juga teramat kompleks dan bervariasi. Saat mengkomsumsi kafein moto yang perlu kita pegang yaitu “Kenalilah dirimu sendiri”.

Related Post Kafein Kopi